Read Time:3 Minute, 18 Second

Hey Friends, pada tulisan kali ini Saya akan membahas mengenai Pentingnya SEO dalam perkembangan suatu website. Hampir semua orang yang memiliki website ataupun blog pasti menginginkan website atau blognya ramai pengunjung dan banyak yang membacanya.
Kalaupun ada (‘orang aneh’) yang blognya tidak ingin ada yang membacanya, maka perlu dipertanyakan kejantanannya…eh tujuannya.. Apakah blognya memang bersifat rahasia (hanya orang tertentu saja yang diberi akses) ataukah memang dia ga faham apa fungsi blog sebenarnya. Ini tentu Beda ya dengan orang yang belum tau (‘orang awam’) caranya agar blognya ramai pengunjung.
Jika anda termasuk pada ‘orang aneh’ tadi, maka anda tidak saya sarankan untuk membaca tulisan ini sampai habis. karena percuma saja kan, anda pasti tidak akan menerapkannya. Namun, jika anda termasuk pada orang ‘biasa’ yang ingin blognya dibaca orang lain, maka tulisan di blog trendkan ini cocok untuk anda. Jadi simak sampai habis tulisan ini. Lalu terapkan semampunya.

Kalau Kata pribahasa orang jawa sih “alon-alon asal kelakon”

Atau pribahasa lain juga mengatakan “Sedikit demi sedikit lama-lama jadi abis” abis kopinya maksud saya…wkwkwk
Kembali topik awal, temen-temen mungkin ada yang bertanya seperti ini:

Memangnya seberapa pentingnya sih SEO terhadap Perkembangan Website?

Saya bantu jawab sedikit saja ya, seberapa pentingnya itu tergantung temen-temen sendiri. Mau seperti apa blog anda kedepan, itu tergantung pada anda sendiri. Jika anda menginginkan blog anda ramai pengunjung dan ramai pembacanya apalagi anda Jualan diblog, maka SEO sangat penting.

Namun jika anda ngeblog hanya sekedar ikut-ikutan, sekedar curhat dan mengisi waktu luang, maka saya rasa SEO tidak penting-penting amat. Dengan sendirinya nanti blog anda juga mungkin akan ramai yang membaca. Tapi itu mungkin loh ya… artinya mungkin juga blog anda selamanya sepi pengunjung

Pengertian SEO

Sebelum saya lanjutkan tulisan saya mengenai pentingnya seo terhadap pengkembangan website, simak dulu penjelasan mengenai Pengertian SEO. Supaya pembicaraan kita tidak ambyar…
Meskipun kalau blog tanpa SEO adalah ambyar, tapi SEO itu Bukan Makan atau minuman ya men-temen… SEO itu adalah sebuah singkatan. iya, singkatan untuk mempermudah kita mengingatnya dan juga mudah menyebutkannya. Search Engine Optimization itulah SEO.

Kira-kira enakan mana nyebutinya ‘Search Engine Optimization’ atau ‘SEO’?. Tentu kita lebih mudah menyebutkan kata seo ketimbang Search Engine Optimization. apalagi lidah orang ndeso seperti saya ini.
Jadi secara sederhananya, SEO ini adalah upaya kita dalam mengoptimasi website atau blog supaya blog kita mendapatkan posisi teratas (halaman 1) dari hasil pencarian search engine atau mesin pencarian khususnya google search. Kenapa google search? alasannya menurut saya karena untuk saat ini google search belum ada saingannya.
Tentunya saingan yang sebanding ya. kalau sekedar saingan sih banyak banget ada bing, yandex, duckduck, yahoo! dan masih banyak lagi ampe saya aja ga inget apa aja nama-nama pesaingnya google search.. tapi kalau ditanya yang sebanding? kayanya belum ada ya. bahkan sekelas yahoo! saja belum mampu tuh.. dan menurut beberapa sumber, Google Search untuk saat ini sudah menguasai lebih dari 90% mesin pencarian di seluruh dunia. Jadi wajar saja ketika orang-orang membicarakan Optimasi SEO, maka algoritma Googlelah yang menjadi standar dan acuannya.

Intinya…

Dengan mendapatkan ranking tinggi atau posisi teratas dari hasil pencarian google, maka potensi trafik (pengunjung/pembaca) website Anda pun akan meningkat. Dan jika anda seorang sales marketing (jualan produk/jasa) pastinya ini peluang yang baik bukan?
Namun, Selain menghasilkan trafik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda untuk mendapatkan trafik yang tepat sesuai target pasar anda, jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik yang tinggi saja tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda.
Jadi, SEO ini merupakan salah satu metode promosi secara online yang sangat penting dalam mencari pelanggan dan meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang Anda jual.

Untuk itu Perlu strategi SEO

Nah agar kegiatan SEO blog anda lebih optimal, maka perlu beberapa strategi dalam mengimplementasikannya. Pada postingan sebelumnya saya juga sudah mengulasnya dengan judul 19+ Daftar optimasi SEO yang perlu anda Ketahui di tahun 2020. Silahkan baca lagi. Karena memang, optimasi seo ini akan selalu mengalamai perubahan dan perbaikan mengikuti perkembangan algoritma Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles