3 Plugin Untuk Memasang Iklan di WordPress [Gratis]

Memasang iklan adsense pada wordpress
Page Visited: 169Page Visited: 170
Read Time:5 Minute, 16 Second

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan di internet adalah dengan memasang iklan pada website atau blog. Jasa periklanan yang masih ngetrend hingga saat ini adalah salah satunya adsense. Nah, Untuk anda yang menggunakan blogspot sebagai platform blognya, mungkin memasangkan iklan adsense tidak akan menjadi masalah karena bisa langsung menyematkan iklan langsung dari dashbordnya. Karena memang adsense dan blogspot adalah sama-sama produknya google. Namun, bagaimana jika kita menggunakan platform selain blogspot, katakanlah wordpress. Tentu ini akan menjadi masalah bagi kita yang belum menguasai bahasa pemograman terutama bahasa php. Karena memang, memasang iklan di wordpress tidak semudah seperti memasangnya diblogspot.

Lalu Bagaimana Cara Menampilkan Iklan di WordPress?

Untuk itu, bagi anda pengguna wordpress dan yang masih belom memahami seluk beluk wordpress, anda bisa menggunakan plugin. Ada banyak sekali plugin yang bisa kita pakai untuk membantu kita agar dapat memasangkan iklan di blog wordpress kita. Namun, tidak semua plugin tersebut gratis. Hanya ada beberapa saja yang memberikannya secara gratis.

3 Plugin Gratis untuk Pasang Iklan diwordpress

Berikut ini adalah 3 Plugin Gratis yang bisa anda pakai untuk memasang iklan di wordpress.

1. Ad Inserter

Plugin ad inserter untuk pasang iklan diwordpress

Jika Anda ingin menampilkan iklan pada posisi tertentu, Ad Inserter adalah plugin yang sangat tepat. Karena Ad Inserter mendukung beberapa kode iklan yang berupa HTML, Javascript dan juga PHP. Sehingga anda juga bisa menggunakan ad inserter untuk keperluan afiliasi.

Cara Menggunakan ad inserter untuk menampilkan iklan adsense di wordpress

Install Plugin ad inserter

Langkah pertama tentunya anda sudah harus menginstal plugin ad inserter. Namun, untuk langkah ini sepertinya tidak perlu lagi saya jelaskan. Karena untuk instal plugin pastinya anda sudah paham. Untuk itu saya anggap anda sudah menginstallnya.

Selanjutnya Masuk Menu Setting >> dan pilih sub menu ad inserter

Jika sudah, anda akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini. Di halaman tersebut akan ada 16 slot untuk versi gratis. Sedangkan versi premiumnya ada sekitar 64 slot (lihat gambar).
Dari ke 16 slot tersebut tidak harus terisi semua, gunakan sewajarnya dan secukupnya saja agar tidak melanggar kebijakan google adsense.

BACA JUGA  Cara Termudah Pasang Tombol Go To Up pada Blogger

pengaturan ad inserter
Berikut ini penjelasan singkat dari beberapa pengaturan Ad Inserter:

Menu Tab General
  1. Plugin Priority : Biarkan saja nilainya seperti defaultnya yakni 99999. Tujuannya adalah agar penggunaan plugin ini menjadi prioritas yang tinggi
  2. Sytax Highlighter Theme : Silahkan pilih tema untuk editor blok. Ada sekitar 16 jenis tema yang bisa Anda pilih. Sesuaikan saja dengan tema blog anda
  3. Output Buffering : Pilih saja “Disable”, yang penting anda sudah mengaktifkan plugin ini jika Anda ingin menggunakan kode khusus di atas header.
  4. Min. User Role for Execptions Editing : Pilih Administrator, agar hanya Administrator saja yang diperbolehkan mengatur plugin ini.
  5. Sticky Widget Mode : Pilih saja CSS
  6. Sticky Widget Top Margin : ini Untuk mengatur jarak pada bagian atas widget sticky ketika discroll.
  7. Block Class Name : Merupakan nama class dalam css tema blog untuk memilih block Ad Inserter yang ditampilkan di halaman depan situs.
  8. Dynamic Blocks : Block yang digunakan dalam pengaturan block iklan Ad Inserter
  9. No Paragraf Counting Inside : Fungsinya adalah untuk membedakan bagian tertentu dalam artikel agar tidak dibaca sebagai paragraf. Sebagai contoh jika di dalam paragraf anda terdapat tag list, maka tidak dihitung dalam penghitungan bayaknya paragraf.
  10. Functions for Paragraph Counting : Fungsinya untuk menghitung jumlah paragraf dalam artikel, Jika blog Anda menggunakan bahasa indonesia, silahkan pilih yang Multibyte.
Menu Tab Viewport

Pada bagian ini Anda bisa mengatur ukuran lebar layar. Sebagai contoh, untuk ukuran dekstop biasanya menggunakan min-width 980px dan untuk tablet adalah min-width 768px sedangkan untuk layar dibawahnya akan terdeteksi sebagai perangkat mobile.

Menu Tab Footer

Pada bagian ini anda dapat memasang kode iklan pada footer tanpa mengedit file footer.php tema blog anda

Menu Tab Hook

Menu tab bagian ini berguna untuk menyisikan secara otomatis pada posisi dimana hook digunakan menggunakan fungsi do_action () WordPress. Ada 2 kustom hook untuk lisensi versi gratis.

Menu Tab Header

Pada bagian ini sama dengan editor footer dan blok iklan, jadi jika Anda ingin memasang iklan di header maka anda tidak perlu lagi mengedit file header.php . Anda hanya cukup memasang kode iklan tersebut pada bagian tab header ini.

Menu Tab Ad Blocking

Fitur ini berguna untuk mengatasi pada browser laptop user yang mengaktifkan addon adblock dengan menampilkan popup peringatan agar pengguna menonaktifkan adblock browsernya.

Cara Pasang Iklan di dalam Postingan WordPress

Setelah anda memiliki kode iklan adsense, silahkan pastekan kedalam salah satu dari 16 slot tadi. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti gambar di bawah ini.
pasang kode adsense di wp
Kemudian silahkan setel pengaturan dibawahnya seperti di bawah ini:

  • Disabled » Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pemasangan iklan Adsense pata posisi tertentu
  • Before Post » Untuk Memasang iklan sebelum postingan.
  • Before Content » Memasang iklan sebelum konten.
  • Before Paragraph » Memasang iklan sebelum paragraph tertentu misalnya sebelum paragraf ke 2.
  • After Paragraph *) » Memasang iklan pada setelah Paragraf tertentu.
  • After Content » Memasang iklan setelah konten.
  • After Post » Memasang iklan sesudah postingan.
  • Before Excerpt » Menampilkan iklan di halaman index blog tepat di atas cuplikan artikel.
  • After Excerpt » Menampilkan iklan di halaman index blog tepat di bawah cuplikan artikel.
  • Between Post » Menampilkan iklan di halaman index di antara artikel satu dengan lainnya.
BACA JUGA  Cara Menampilkan Video Yutube di Blogger Responsive

2. AdRotate

Berbeda dengan plugin ad inserter, dengan AdRotate Anda bisa menentukan jadwal kapan iklan akan muncul, misalnya anda mengatur agar iklan akan muncul setelah klik tertentu. Yang lebih menariknya dengan AdRotate kita dapat menampilkan iklan bedasarkan lokasi tertentu, misalnya tidak memunculkan iklan pada halaman search atau halaman page dan lain-lain.

Dengan Adrotate Anda juga dapat mengetahui performa tiap-tiap iklan, mulai CTR, statistik harian, statistik bulanan dan juga hebatnya dapat kita ekspor ke dalam bentuk file CSV.

Seperti halnya plugin ad inserter, plugin ini juga dapat mendeteksi penggunaan adblocker pada browser. Jadi Jika user anda menggunakan adblocker, maka akan muncul notifikasi secara otomatis yang muncul untuk meminta user agar menonaktifkan adblocker pada browsernya terlebih dahulu.

3. WP-Insert

Plugin untuk menampilkan iklan di wordpress yang ke-3 adalah Plugin WP-Insert. Plugin ini tidak hanya berfungsi hanya untuk memasang iklan saja, melainkan juga dapat mengatur statistik tracking, seperti kode Google Analytics.

Dengan WP-Insert Anda juga dapat memasang iklan pada bagian atas atau sebelum konten, bawah setelah konten, samping kanan dan kiri dari konten serta dibagian tengah konten.

Kesimpulan

Meskipun Ketiga plugin di atas merupakan plugin versi gratisan yang bisa anda gunakan untuk memasang iklan di wordpress, namun untuk performanya menurut saya sudah sangat memuaskan. Namun, jika anda memiliki budget yang lebih, ada baiknya anda membelinya yang versi premium agar mendapatkan fitur yang lebih banyak dan lebih baik lagi.

ArRahim

Berbagi itu bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya apa yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri.
administrator
Happy
Happy
Sad
Sad
Excited
Excited
Sleppy
Sleppy
Angry
Angry
Surprise
Surprise

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

Social profiles