Read Time:9 Minute, 44 Second

Hey Friends… pada kesempatan ini, saya ingin mengajak temen-temen yang baru akan atau ingin membuat blog untuk memikirkan terlebih dulu apa Tujuan dan Target Ngeblog apa yang kira-kira ingin anda capai.

Start Here

Dalam halaman ini saya akan membagikan sedikit pengalaman-pengalaman yang saya dapat setelah beberapa kali gagal dalam menjalankan blog. Pengalaman-pengalaman itu saya saring dan saya ambil beberapa poin penting yang kira-kira nanti kalau kalian menerapkan tidak akan mengalami kegagalan seperti yang saya alami. Ilmunya sih sebenarnya ga seberapa ya, alias biasa-biasa saja, tapi jika temen-temen mempraktekkannya mungkin hasilnya akan beda dan bisa jadi luar biasa.

Tujuan dan Target Ngeblog

Tujuan Ngeblog

Yang paling penting dalam membuat blog adalah tujuannya. Jadi sebelum anda memulai ngeblog, coba pikirkan dulu apa tujuan Anda ngeblog. Namun jika anda masih bingung dan ragu menentukan apa tujuan anda ngeblog, saya sudah membuat catatannya. Dari kebanyakan para blogger khususnya blogger lokal, setelah saya telusuri setidaknya ada 5 tujuan mereka membuat ngeblog (versi asal nulis). Mungkin masih banyak lagi sih, tapi pada kesempatan ini akan kita bahas 5 Tujuan Ngeblog dan juga targetnya.

1. Berbagi Pengalaman dan Mendidik

Cara Menentukan Tujuan dan Target Ngeblog

Tujuan ini sangat mulia. Biasanya blogger yang seperti ini memang memiliki pengalaman dibidangnya seperti para dosen, guru atau bahkan orang-orang yang memiliki suatu kompetensi pada bidang tertentu.

Berbagi itu bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri. #Happiness in your Hand

Blog-blog seperti ini biasanya memiliki konten blog yang mengedukasi dan inspiratif serta bermanfaat untuk di baca. Tak jarang yang meskipun blognya tak pernah memperhatikan teknik seo, namun blog nya tetap eksis nongkrong di halaman pertama hasil pencarian google. apalagi dengan update algoritma google yang baru-baru ini lagi ngehits dibicarakan terutama oleh para master seo. Baca Pentingnya SEO untuk Perkembangan Website.  Salah satu hal yang menjadi point penting dalam algoritma google yang terbaru ini adalah Expertise (Ahlinya), Authoritativeness (dapat dipertanggung jawabkan), Trustworthiness (Terpercaya).

Intinya Google akan memberikan perhatian yang lebih dan memberikan tempat terbaik pada blog-blog yang memang di tulis oleh Ahlinya. Misalnya seorang dokter yang menulis tentang Kesehatan, seorang dosen yang menulis tentang bidang studynya ataupun seorang chef yang menulis tentang resep masakan. Jadi google akan melihat secara menyeluruh apa profesi dan background sang penulis. Oleh karena itu, sebaiknya membuat blog itu sesuai dengan keahlian. Selain agar tidak kehabisan ide/gagasan, juga supaya lebih disukai oleh google search.

2. Sebagai tempat Curhat/Personal Blog

Menulis memang sudah menjadi  hobi bagi banyak orang sejak dari jaman dulu. Apalagi para perempuan, sebelum adanya blogpun, mereka memang sudah hobi menulis dalam sebuah buku diary. Blog-blog yang seperti ini terkadang berisi segala macam cerita atau curahan hati dari sang pemilik blog. Namun ada juga yang isinya berbagai macam topik, kadang curhat, kadang berisi kegiatan sehari-hari atau bahkan konten informasi.
Blog curhat seperti ini biasanya sang pemilik blog tidak terlalu berambisi mencari traffic/visitor. yang penting bisa meluapkan perasaan hatinya saja sudah seneng. Namun, Meskipun  membuat blog hanya sebagai tempat curhat, nyatanya banyak koq penulis profesional yang awal mula berangkat dari kesukaan nya menulis curhatnya di blog.

3. Ajang Promosi / Jualan online

Peran internet dalam perkembangan dunia marketing sangat besar sekali. Bahkan bisnis-bisnis yang sepertinya tidak mungkin dijalankan di dunia maya, sekarang ini malah sangat banyak yang bermunculan.
Oleh sebab itu, penggunaan blog sebagai media promosi merupakan strategi yang baik. Bahkan perusahaan-perusahaan besarpun banyak yang menggunakan blog sebagai media promosinya. Ini menunjukkan bahwa penggunaan blog sebagai media promosi dirasa cukup efektif guna mengembangkan bisnisnya.

BACA JUGA  Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Ngeblog

4. Cari Duit Tambahan / Monetisasi

Kalau tujuan anda adalah memonetisasi atau cari penghasilan tambahan, saran saya lakukanlah dengan baik dan benar. Maksudnya kalau seandainya nanti anda adalah seorang pubhliser, janganlah terlalu overload sana sini menempatkan iklannya. Saya juga seorang publisher, tapi ketika nemu blog yang super ekstra iklannya alias hampir setiap link nya di arahkan ke safelink, maka kalo ga urgen-urgen amat langsung saya close tu blog.
Sebenarnya Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memonetisasi blog. Namun saya tidak akan membahasnya disini. Karena memang materi ini cukup panjang untuk di bahas sehingga butuh waktu yang panjang juga untuk mengulasnya. yang perlu saya ingatkan Jika anda ingin mendapatkan hasil dari blog (monetisasi blog), maka anda harus bersungguh-sungguh, fokus, konsisten dan pantang menyerah. Karena Memonetisasi blog bukan hal yang bisa dikerjakan satu atau dua hari. Butuh proses panjang.

5. Black Campaign

Cara Menentukan Tujuan dan Target Ngeblog

sebenarnya yang paling bahaya adalah tujuan yang satu ini. Kenapa? karena black campaign bisa mengabikatkan anda masuk bui loh kalo tidak hati-hati. Jika anda menggunakan blog dengan tujuan yang tidak baik, seperti menjelek-jelekkan seseorang atau bahkan perusahaan, saran saya jangan sekali-kali memberikan nama jelas orang /perusahaan tersebut. Bisa kena undang-undang ITE loh atas dasar pencemaran nama baik.
Seperti yang saya ungkapkan di atas, bahwa pada kesempatan ini kita akan bahas 5 tujuan ngeblog dan targetnya. Namun sebelum kita masuk ke pokok bahasan target ngeblog, mari kita bahas dulu apa sih sebenernya manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan ngeblog?.

Manfaat ngeblog

1. Jadi Lebih Creative

Manfaat yang paling nampak dari hasil ngeblog adalah menjadi orang yang lebih kreatif. Biasanya orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging, akan terlihat lebih kreatif. Bukan hanya dalam segi tampilan blognya, tetapi juga cara-cara dia menyajikan konten dan bagaimana ia menyampaikan pesan/gagasan kepada para pembaca blognya.

2. Tidak ketinggalan Jaman / Up to Date

Para blogger biasanya selalu up to date terhadap perkembangan jaman. Selain para wartawan, blogger adalah orang yang paling up to date terhadap perkembangan berita. Karena para blogger selalu ingin mencari tahu berita terbaru untuk dijadikan referensi atau rujukan posting pada blognya. Untuk itu seorang blogger selalu haus akan info-info terbaru dan berita terbaru yang sedang terjadi sehingga menjadikannya seseorang yang selalu up-to-date.

3. Menghasilkan karya / Produktif

Setiap blogger biasanya akan selalu memikirkan bagaimana caranya untuk menghasilkan karya sendiri. sebagai contoh mudahnya saja, dalam segi tampilan/template blog, tentu menginginkan template yang unik dan kalo bisa tidak ada orang lain yang memiliki kesamaan templatenya. Sehingga dengan berjalannya waktu, ia akan mempelajari bagaimana membuat sebuah template yang memiliki keunikan sendiri. Setelah mampu membuat template sendiri, kemudian orang itu biasanya akan mencoba menghasilkan template baru yang kemudian bisa dijual atau hanya sekedar di bagikan secara gratis. Intinya hampir setiap blogger pasti selalu memikirkan apa yang bisa ia hasilkan. Bisa template, ebook, jasa penulisan artikel, bisa juga puisi. atau hal-hal lain tentunya masih banyak lagi yang bisa anda hasilkan dari ngeblog.

4. Banyak relasi / Banyak Teman / komunitas

Menjadi blogger itu asyik loh.  kalau didunia nyata, teman kita mungkin sebatas orang-orang yang sepekerjaan dengan kita, atau paling banyaknya orang-orang yang se RT dengan rumah kita. yang artinya sebatas dengan tempat kita kerja atau tinggal.  Tapi kalau kita ngeblog, pertemanan kita tidak terbatas. dan dengan menjadi blogger Anda akan meningkatkan jaringan pertemanan dengan ikut bergabung dalam komunitas. Ada sangat banyak komunitas blogger di internet, dan tentunya Anda pun dapat menambah teman baru yang sehobi. tentu akan lebih asyik ngobrol dengan teman yang punya hobi dan orientasi yang sama dibanding dengan yang tidak.

5. Sumber Literasi / Referensi / Bermanfaat bagi orang lain.

Bagi orang muslim mungkin sudah pernah dengar kalau

sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain”

Nah dengan ngeblog setidaknya kita dapat membagikan pengalaman/ilmu yang kita punya pada orang lain. Apalagi kalau informasi yang kita berikan adalah informasi yang benar-benar yang sedang dicari. tentu ini akan menjadi ladang pahala tersendiri bagi para blogger.
Misalnya saja seorang dokter yang membuat konten tentang cara menurunkan berat badan yang sehat dan alami tanpa beresiko. karena yang menulis adalah seorang dokter, tentu kita lebih percaya dan menjadikannya sumber referensi ketika ada keluarga kita yang sedang akan menjalani program diet. Jadi ngeblog itu sebenarnya menyebarkan manfaat bagi orang lain.

BACA JUGA  Optimasi SEO yang Harus anda Ketahui

6. Mengasah kemampuan Menulis

Sejalan berjalannya waktu, kemampuan menulis dari seorang blogger akan mengalami peningkatan dan akan semakin baik. sudah banyak contoh yang dibuktikan oleh para blogger yang pada awalnya tulisannya kurang baik dan menarik, tapi berjalannya waktu kemampuan menulisnya semakin baik bahkan banyak pula blogger yang tulisannya di jadikan sebuah buku dan menjadi best seller.
Anda dan saya mungkin saat ini masih belum menguasai teknik membuat tulisan yang membuat orang nyaman untuk membacanya. tapi yakinlah jika kita terus belajar maka bukan tidak mungkin kita juga bisa seperti mereka. yang penting adalah Think Positive and Be Positive.

Target ngeblog

Mau Ngeblog? Tentukan dulu Tujuan dan Targetnya

Gimana gaes sudah kebayang belum tujuan dan target ngeblog anda untuk apa. Nah bagi anda yang masih ragu-ragu dan bingung, lebih baik anda lanjutkan lagi membacanya mengenai tujuan dan target Ngeblog ini.

Tujuan dan target Ngeblog sebenarnya sih gak beda-beda amat, Namun disini saya sengaja membedakannya agar lebih fokus saja. Karena menurut saya melakukan sesuatu itu harus punya goalnya. kalau ngeblog hanya sekedar ikut-ikutan sih percuma, ngabisin waktu dan tenaga. Tapi kalau kita memiliki sebuah arah atau tujuan atau bahkan mimpi dan target, maka biasanya kita akan punya spirit lebih.

1. Menghasilkan produk / buku / template blog/ produk lain

Cara Menentukan Tujuan dan Target Ngeblog

Produk-produk yang bisa dihasilkan dari kegiatan ngeblog itu banyak contohnya.. bisa buat buku baik cetak ataupun ebook, bisa juga buat template, atau buat produk kreatif yang lainnya. Kalaupun memang kita tidak bisa menghasilkan produk, setidaknya kita bisa juga menjualkan produk orang laing yang nantinya akan mendapat komisi/bagian dari hasil penjualan tersebut.

2. Membangun Personal branding

Kalau yang ini sih sebenernya agak sulit bahkan bisa jadi sangat sulit, butuh waktu dan proses yang panjang. Butuh ketekunan dan kesabaran dalam mengasah kompetensi diri. Personal branding artinya proses membangun dan mempromosikan sisi positif yang anda perjuangkan. Personal branding merupakan kombinasi keterampilan dan pengalaman yang akan menjadikan anda seperti apa di hadapan mata orang. Personal branding juga bisa menjadi pembeda antara anda dengan jutaan orang-orang yang bahkan dalam sebidang atau seprofesi sekalipun. Ada nilai Unik yang menjadi ciri khas yang tidak satupun orang lain miliki.
Karena membangun personal branding membutuhkan waktu yang cukup lama, maka tak jarang yang menganggap personal branding itu tak penting. Sebenarnya pernyataan itu tidak benar. Mengapa? Anda tentunya telah melihat bahwa di era digital yang serba elektronik ini, tantangan bisnis atau karir tidak lagi sama dengan tantangan jaman 10 tahun kebelakang. Sebuah usaha jasa kurir saja katakanlah seperti ojek saja memerlukan website/aplikasi yang dapat meyakinkan  pelanggan untuk dapat memesan jasa nya dalam mengantarkan/mengirimkan barang.
Bagaimana mungkin kita bisa mengatakan personal branding itu tidak penting, sementara persaingan atau kompetisi dalam meniti karir semakin ketat. So, mulai sekarang ayo kita sama-sama bangun personal branding kita masing-masing dengan ketekunan dan kesabaran.

3. Dapat penghasilan tambahan

Pada akhirnya, ngeblog itu ujung-ujung nya butuh biaya… Mulai dari pulsa internet agar anda bisa online, jasa domain atau hosting agar blog anda makin Trustworthiness. untuk itu kita perlu juga merencanakan bahwa ngeblog itu bukan hanya sekedar untuk menyalurkan hoby atau bakat saja. melainkan harus mampu menyambung keterlangsungan ngeblog anda dan syukur-syukur mampu menopang kehidupan keluarga anda.

Kesimpulan dari Tujuan dan Target Ngeblog

Ada banyak cara agar kegiatan ngeblog anda dapat menghasilkan pundi-pundi uang, sebagiannya sudah saya singgung di atas yakni dengan cara menjual produk baik milik sendiri atau pun sebagai reseller atas produk orang lain. Selain itu juga anda bisa menawarkan jasa. Khusus untuk masalah bagaimana anda bisa mendapatkan penghasilan dari ngeblog, nanti akan saya bahas pada kesempatan lain.

Untuk sekarang ini segitu dulu ya bahasan mengenai tujuan dan target ngeblognya..kurang lebihnya begitulah tentang bagaimana agar kegiatan ngeblog anda jadi lebih berkualitas salah satunya ya dengan memetakan terlebih dulu apa tujuan dan target ngeblog apa yang ingin anda capai. Semoga bisa dimengerti ya..
Kalau ada yang mau bertanya-tanya, silahkan sampaikan aja lewat kolom komentar ya.. atau anda juga bisa menghubungi saya lewat halaman kontak sekalian kenalan hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles