Read Time:5 Minute, 17 Second

Membuat konten yang menarik dan Berkualitas tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Membuat konten yang menarik butuh kerja keras dan kesabaran. Karena membuat konten yang berkualitas butuh waktu pengerjaan yang lebih dari konten biasa. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas. Seperti yang telah saya uraikan sebelumnya bahwa untuk memulai ngeblog itu butuh strategi. Setalah kalian mantap menentukan tujuannya, maka langkah selanjutnya kalian butuh merancang konsep atau konten-konten apa yang akan kalian publikasikan.

Konten adalah Raja, jadi buatlah semenarik mungkin

Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Ngeblog

Selain kualitas template atau tema blog, konten juga sangat berpengaruh dalam menghadapi persaingan agar muncul di halaman pertama google search. Bahkan bisa dikatakan bahwa konten adalah rajanya. Para master seo dan internet marketer paham betul mengapa konten menjadi hal yang paling harus diutamakan.
Nah dalam kesempatan ini, saya akan membahas tentang bagaimana caranya membuat konten yang menarik dan berkualitas. Menarik disini bukan hanya sekedar untuk mencari perhatian pembaca saja, melainkan menarik juga menurut mesin telusur atau kita fokuskan pada mesin telusur google. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa google selalu memperbaiki dirinya dengan selalu melakukan update algoritma pengindeksannya. Google Algorithm ini (Algorita Bert, standar EAT, dan standar YMYL) akan selalu dan selalu diupdate demi menigkatkan kualitas layanannya agar para pengguna merasa puas dengan menggunakan google.

Konten Berkualitas lebih disukai googleFreePik.com

Mengenai penjelasan tentang Algoritma Goole tersebut, saya tidak akan membahasnya disini, jadi silahkan gunakan google search untuk mencari dan memahaminya. Yang akan saya tekankan pada postingan ini adalah bagaimana kita bisa membuat konten yang menarik sekaligus berkualitas.

Buat Kamu yang baru mau mulai ngeblog, sebaiknya Baca Dulu : Cara Menentukan Tujuan dan Target Ngeblog

7 Tips Membuat Konten Menarik dan Berkualitas

Setidaknya ada 7 hal penting yang harus kalian perhatikan jika ingin membuat Konten menarik dan Berkualitas.

1. Konten harus Original/Orisinil

Konten yang berkualitas syarat utamanya adalah Original alias bukan hasil menjiplak atau copy paste. Setelah syarat original terpenuhi, konten Berkualitas juga harus memenuhi standar lain seperti memiliki bobot yang lebih tinggi dari konten-konten lain, memiliki kredibelitas dengan adanya sumber/link yang terpercaya, serta memberikan manfaat bagi yang membacanya.
Lalu, bagaimana caranya melihat konten kita sudah original atau belum? Untuk mengujinya kita bisa menggunakan tool plagiarisme check. Salah satunya yang menjadi favorit saya adalah smallseotools.com/plagiarism-checker. Meskipun gratis, namun menurut saya sudah cukup bagus untuk mengecek tingkat keunikan konten yang kita buat.

BACA JUGA  Cara Termudah Pasang Tombol Go To Up pada Blogger

2. Penempatan heading yang kuat

Susunan Heading dalam konten juga punya pengaruh yang besar. Jadi Sisipkan Kata kunci yang menjadi topik dalam konten kedalam heading. Untuk susunan heading, biasanya dimulai dari h1, h2, h3 dan h4. Sebenarnya penggunaan heading ini sudah tidak asing lagi bagi para bloger. Namun terkadang, masih ada saja yang mengabaikan strukturnya. Padahal, tag heading ini gunanya selain untuk menandakan judul dan isi, tag heading juga berguna untuk mempermudah mesin pencari dalam menelusuri isi sebuah blog.
Tujuan utama dari penggunaan Heading Tags ini adalah untuk mengelompokkan konten dengan judul-judul yang berbeda sehingga konten menjadi lebih user friendly baik bagi mesin crawler atau pun pembaca. Sehingga pembaca akan dengan mudah mencerna gagasan utama dari konten yang kita buat.
Selain tag heading yang tepat, selanjutnya struktur url juga penting agar blog kita mudah dibaca/readability/user friendly. coba perhatikan ilustrasi berikut ini:

Url yang radabilitySumber : https://moz.com/blog/15-seo-best-practices-for-structuring-urls

Sebagai gambaran, misalkan saya punya blog tredkan.net yang akan membahas tentang cara membuat blog dengan blogspot. Jika kalian sebagai user, maka url mana yang akan kalian pilih antara trendkan.net/cara-membuat-blog-diblogspot atau trendkan.net/2020/27/09/cara-membuat-blog-di-blogspot.html? tentu kalian akan memilih yang pertama karena lebih mudah diingat. Nah, begitulah kira-kira pentingnya url yang user friendly.

3. Mampu memberikan jawaban/solusi

Konten yang menarik dan berkualitas seharusnya mampu memberikan jawaban ataupun solusi bagi sang pembacanya. Dan jika konten tersebut sesuai dengan apa yang sedang pembaca butuhkan tentu akan membuat pembaca tersebut merasa puas. dengan demikian, bukan tidak mungkin mereka akan mengunjungi kembali jika ada yang mereka butuhkan. Bahkan tak sedikit para pembaca yang membagikan atau mensharenya ke jejaring sosial mereka.
Oleh karena itu, penting kiranya untuk mempelajari apa dan bagaimana pengaruh suatu konten terhadap perkembangan blog selanjutnya. Jadi dalam membuat konten, selalu perhatikan apakah dari apa yang kita tulis sudah mampu memberikan solusi atau jawaban atau belum bagi pembaca.

BACA JUGA  3 Plugin Untuk Memasang Iklan di Wordpress [Gratis]

4. Dapat dipercaya/akurat

Google memberikan nilai yang lebih untuk konten yang ditulis berdasarkan sumber-sumber terpercaya. Jadi Poin selanjutnya yang tidak kalah penting dalam membangun konten berkualitas adalah harus selalu menjadi yang bisa dipercaya. karena kalau kita sudah tidak dipercaya, maka akan sulit untuk memperbaikinya. Dalam dunia blogging, ada indikator-indikator yang harus selalu dijaga agar blog kita tidak dinilai sebagai blog sampah atau spam.
Dalam membangun konten blog yang dapat dipercaya, sebaiknya sisipkan juga link sumbernya. Namun bukan hanya sekedar link sumber biasa, pilihlah link sumber yang berkualitas seperi wikipedia, atau sumber lain yang memiliki Domain authority (DA) yang tinggi dan spam score (SS) nya yang rendah. Untuk penjelasan tentang DA dan SS ini nanti akan saya bahas selanjutnya.

5. Ciptakan sesuatu yang baru

Tips selanjutnya dalam membuat konten berkualitas adalah dengan membuat sesuatu yang baru, sampaikan informasi yang benar-benar fresh atau sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi atau menghibur namun kalau bisa buat dari perspektif atau sudut pandang yang lain.

6. Lengkapi dengan gambar ilustrasi atau video

Sebuah konten kalau tanpa gambar sama sekali tentu akan sedikit membosankan bagi yang membacanya. Apalagi kalau bacaan yang sedang dibacanya sukup panjang dengan bahasa yang formal. Untuk mengatasinya, sisipkanlah beberapa ilustrasi berupa gambar pendukung atau video agar terlihat lebih menarik. Ingat dikala kita menshare artikel kita kemedia sosial, maka yang akan tampak terlebih dahulu adalah gambarnya. jadi Maksimalkan penggunaan gambar sebagai pendukung konten. artinya gambar harus bisa mewakili sebagian isi konten yang kita buat.

7. Tidak perlu panjang, yang penting Fokus

Membuat Konten yang Menarik untuk Ngeblog tidaklah harus panjang sepanjang kereta api. Yang terpenting adalah tetap fokus pada yang sedang dibicarakan. jadi konten seharusnya tidak terlalu dangkal namun tidak pula terlalu panjang lebar dan bertele-tele juga. Buatlah konten yang enak untuk dibaca oleh manusia, bukan tulisan yang ditargetkan hanya untuk mesin pencari saja. perlu diketahui, Konten yang baik untuk dibaca manusia maupun baik untuk mesin pencari biasanya berkisar antara 1000 sampai 1500 kata saja untuk menghindari resiko pembaca bosan. Dan jika memang artikel itu terlalu panjang, buatkan saja sebagai artikel terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles