Read Time:5 Minute, 22 Second

Konten yang SEO Friendly merupakan salah satu point penting dalam dunia blogging bagi yang menginginkan blognya eksis dihasil mesin pencarian google. Namun, masih banyak juga para blogger yang masih mengabaikannya. Entah karena sengaja, Ceuk, atau ketidakfahamannya mengenai Pentingnya kualitas konten. Meskipun sebenarnya membuat konten yang berkualitas itu tidaklah susah-susah amat asalkan kita mengetahui caranya.

Nah Untuk itu dalam kesempatan ini, saya akan membagikan beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam membuat konten yang berkualitas. Dan Sebelumnya saya juga sudah membuat sebuah tulisan tentang bagaimana Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Ngeblog. Silahkan di baca juga sebagai pelengkap.
Tulisan ini khusus saya buat untuk membantu para bloger pemula, yang masih baru memulai ngeblog dan ingin bersaing dengan para master bloger yang sudah eksis malang-melintang di dunia blogging.

1. Utamakan User Experience (UX)

Meskipun artikel yang akan anda buat naninya merupakan artikel yang seo friendly, namun hal yang paling utama yang harus anda perhatikan adalah Kualitas kontennya yang harus tetap mengutamakan User Experience atau pengalaman para pengguna. Dalam hal ini tentunya pembaca blog anda. Mengapa User experience ini menjadi penting? Untuk menjawabnya kita fahami dulu apa itu User Experience

Apa Itu Experience?

User Experience adalah pengalaman para pengguna internet yang mereka dapatkan setelah mereka mengakses website atau blog Anda, mulai dari melihat tampilan, merasakan nyaman atau tidaknya tulisan blog anda untuk mereka baca, hingga mereka berhasil melakukan transaksi produk/jasa yang anda tawarkan(untuk website jualan online).
Dan jika pengguna tadi merasa nyaman dan menemukan solusi dari artikel yang mereka baca diblog kita, maka dilain haripun kemungkinan besar mereka akan kembali lagi untuk mengunjungi blog anda. Begitulah kira-kira mengapa kita harus memperhatikan User Expereince.

Oleh karena itu pulalah para bloger perlu memperbaiki tema blognya sehingga menjadi blog yang fast loading dan blognya menjadi telihat lebih menarik. Karena ada beberapa faktor penting yang menjadi indikator dalam meningkatkan User Experience diantaranya adalah pagespeed atau kecepatan sebuah website ketika diakses. Berbicara Mengenai kecepatan loading sebuah website, google sendiri sangat menyarankan agar blog atau website kita ringan dan secepat mungkin ketika diakses oleh para user/penggunanya via mobile.

2. Pilih Keyword yang Baik dan Tertarget

Salah satu kunci untuk mendapatkan pengunjung dari google search adalah keyword. dalam membuat keyword yang baik, biasanya para master seo akan melakukan riset terlebih dahulu, dengan mengukur terlebih dahulu kemampuan website pesaing. Setelah kita mengetahui kemampuan pesaing, maka kita bisa mengantisipasinya dengan membuat keyword yang lebih baik dan tertarget. Anda bisa menggunakan LSI keyword (Latent Semantic Indexing).

BACA JUGA  Pentingnya SEO untuk Perkembangan Website.

LSI sendiri merupakan keyword turunan yang berhubungan langsung dengan keyword utama. Misalnya Anda ingin mencari ‘juice Apple’. Lalu bagaimana caranya google bisa membedakan ‘Apple’ untuk menyatakan buah dengan ‘Apple’ yang merupakan sebuah brand perangkat teknologi. Disinilah peran LSI bekerja untuk membantu google dalam menemukan halaman yang pas tentang ‘juice Apple’ tadi dengan memberikan keyword turunan seperti Rasa, aroma, resep atau lainnya yang merujuk pada perihal makanan.

Jadi, gunakanlah keyword LSI setidaknya 3 kali dalam sebuah artikel, misalnya dalam kalimat pembuka awal, pertengahan dan pada bagian akhir artikel.

3. Letakkan Keyword pada Judul Artikel

Cara Menulis Konten Blog yang SEO Friendly selanjutnya adalah dengan meletakkan keyword pada judul artikel. Meskipun hal ini belum teruji secara pasti, namun ketika saya mencoba menelusuri kata “kecerdasan manusia” pada mesin pencari google, maka dapat anda lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Meletakkan keyword pada judul

Hampir semua artikel yang muncul pada halaman pertama google adalah artikel yang didalam judulnya ada kata kecerdasan manusia, meskipun ada juga yang terpisah katanya seperti kecerdasan yang dimiliki manusia. Namun, dalam judul tersebut tetap ada kedua kata tersebut. Ini menunjukkan bahwa judul artikel yang baik adalah yang mengandung keyword yang kemudian di perjelas dengan LSI keyword pada kontennya seperti yang saya sebutkan pada poin ke 2.

4. Buatlah Konten yang Mendalam

Pada dasarnya konten yang mendalam akan lebih banyak membutuhkan kata-kata dan tentunya lebih banyak memuat keyword. Selain itu juga dapat memberikan penjelasan atau pemaparan yang lebih komprehensif guna menjawab permasalahan yang sedang di cari solusinya oleh pengunjung. Namun, Mengenai panjang pendeknya sebuah konten yang bisa lebih seo friendly memang masih menjadi sesuatu yang belum jelas. Ada yang menyebut angka ideal untuk artikel yang seo berada dikisaran 2250 kata atau lebih.

Namun menurut saya pribadi kalau terlalu banyak atau panjang justru akan membuat yang membacanya bisa bosan, ujung-ujungnya artikel yang kita buat susah payah tidak terbaca seluruhnya akibat user/pembaca segera pergi mencari artikel yang lebih ringkas. Oleh karena itu Menurut hemat saya, sekitar 1000 kata saja sudah ok. Namun alangkah lebih baiknya lagi jika frekuensi publikasinya ditingkatkan misalnya satu artikel dalam dua hari. atau sekurang-kurangnya seminggu sekali.

BACA JUGA  Cara Termudah Pasang Tombol Go To Up pada Blogger

5. Gunakan Internal dan Eksternal Link

Hingga sekarang ini, Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan memberikan link eksternal atau link referensi maka rangking blog kita akan menjadi jelek dimata google. Anggapan itu ternyata salah loh. Justru hal itu memberikan poin tambahan atau link juice bagi Google page rank blog anda. Asalkan link yang anda buat adalah link berkualitas.

Artinya External link yang anda jadikan sebagai referensi tersebut haruslah link website yang benar-benar memiliki rating yang labih baik dari blog anda. Misalnya wikipedia atau semacamnya yang masih relevan dengan konten yang anda buat. Usahakan link tersebut adalah link dengan Domain authoritynya (DA) tinggi dan spam scorenya (SS) rendah. Dengan adanya link referensi yang relevan maka blog anda akan menjadi lebih dapat dipercaya karena apa yang anda sampaikan ada sumber atau landasannya.

Sedangkan untuk Internal linknya, anda bisa membuatnya dengan menambahkan artikel terkait atau related post. Namun yang perlu diperhatikan dalam membuat link baik eksternal maupun internal link adalah keseimbangannya. Eksternal linknya Jangan melebihi internal link. Karena kalau tidak, maka artikel seo yang anda buat akan menjadi tidak optimal bahkan bisa menjadi spam score blog anda meningkat. Jika spam score blog anda sudah tinggi maka hal ini menjadi tidak baik dimata google.

Sebenarnya jika Spam scorenya masih dibawah 30% website anda masih aman-aman saja. Namun, jika lebih dari itu, bisa-bisa website anda akan terkena pinalti dari search engine google bahkan bisa jadi website anda akan kena deindex atau tidak akan di indeks lagi oleh google.

Itulah kira-kira Cara Menulis Konten Blog yang SEO Friendly. Namun perlu digaris bawahi bahwa tidak ada hasil yang instan dalam Optimasi SEO. Anda harus konsisten dalam menjaga kontent-konten anda tetap seo Friendly. Tentunya masih banyak faktor lagi yang harus kita lakukan jika kita menginginkan Optimasi SEO, yang telah kita lakukan di atas adalah baru sebagian kecilnya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles